Artikel

Mengapa Anda Membutuhkan Screening Batu Ginjal Berulang?

23 Oct 2021

Mengapa Anda Membutuhkan Screening Batu Ginjal Berulang?

Batu ginjal merupakan endapan mineral dan garam yang terbentuk di dalam ginjal. Endapan ini dapat mengeras dan berbentuk kristal-kristal kecil sehingga akan membuat penderitanya merasakan nyeri terutama saat buang air kecil.

Ukuran kristal ini juga beragam, namun biasanya semakin besar ukurannya maka kristal tidak bisa dikeluarkan melalui urin. Namun jika ukurannya cukup kecil, maka kristal-kristal ini akan bergerak melalui saluran kemih dan keluar dari tubuh melalui urin. 

Anda dapat merasakan sakit yang sangat hebat pada perut bagian bahwa hingga pangkal paha jika kristal-kristal ini berjalan menuju ureter.Batu ginjal ini sangat umum terjadi dan biasanya menyerang orang dengan usia di atas 40 tahun. 

Sayangnya tidak semua orang yang menderita penyakit batu ginjal menunjukkan gejala, sebagian kasusnya justru tidak menunjukkan tanda dan gejala. Padahal jika kristal-kristal ini berukuran besar dan tersangkut di kandung kemih, rasa sakitnya akan sangat hebat dan dapat mengganggu aktivitias.

Pemeriksaan batu ginjal dapat menunjukkan jenis batu yang dapat membuat dokter dan pasien lebih mudah dalam mengambil keputusan tindakan dan pengobatan. Oleh karena itu screening batu ginjal sangat penting dilakukan untuk mendeteksi adanya batu ginjal sedini mungkin.

Penyakit batu ginjal gejala utamanya adalah sakit pinggang atau punggung, tepatnya di bawah tulang rusuk. Rasa sakitnya dapat menjalar sampai ke perut dan selangkangan, seiring perpindahan batu ginjal. Nyeri karena batu ginjal atau kolik ginjal adalah jenis nyeri dengan derajat rasa sakit paling parah.

Bijak mengonsumsi asupan tinggi oksalat merupakan salah satu cara mencegah serta mengendalikan penyakit batu ginjal. Beberapa makanan dan minuman tinggi oksalat di antaranya cokelat, bit, teh, kacang-kacangan, bayam, serta ubi jalar.

Penyakit batu ginjal dapat disembuhkan. Penanganan batu ginjal dapat dibagi 2, yakni konservatif / dengan obat dan surgikal / bedah. Untuk itu, perlu dilakukanm pemeriksaan penunjang seperti analisa urin, USG dan BNO IVP. Tujuannya adalah untuk menduga jenis batunya seerta mengetahui ukuran dan lokasi batu.

Lakukan medical check Di UniMedika Sumber Waras Cirebon dapatkan informasi atau melakukan perjanjian melalui website kami www.unimedika.com, salam sehat selalu Kami Ada Untuk Anda.

Artikel Lainnya

Cari Dokter & Buat Janji


Kontak Kami