Artikel

Mencegah Osteoporosis Sejak Dini

22 Oct 2021

Mencegah Osteoporosis Sejak Dini

Apa yang dimaksud dengan osteoporosis?

Osteoporosis merupakan suatu penyakit yang ditandai oleh berkurangnya massa tulang dan kerusakan mikroarsitektur tulang yang menyebabkan tulang menjadi rapuh dan meningkatkan risiko terjadi patah tulang. Kondisi berkurangnya kepadatan tulang. Hal ini menyebabkan tulang menjadi keropos dan mudah patah. Osteoporosis jarang menimbulkan gejala dan biasanya baru diketahui ketika penderitanya jatuh atau mengalami cedera yang menyebabkan patah tulang.

Apa yang menyebabkan terjadinya osteoporosis?

Osteoporosis disebabkan oleh penurunan kepadatan tulang. Hal ini dipengaruhi oleh kemampuan tubuh untuk melakukan regenerasi tulang, yaitu proses penggantian sel-sel tulang yang lama dan rapuh menjadi sel-sel tulang yang baru. Normalnya, kemampuan regenerasi ini akan menurun seiring bertambahnya usia.

Bagaimana ciri tulang penderita osteoporosis? 6 gejala pengeroposan tulang  (osteoporosis)

  • Postur tubuh yang bungkuk. Salah satu gejala tulang keropos yang perlu diperhatikan adalah postur tubuh yang semakin lama semakin membungkuk. 
  • Tinggi badan semakin menyusut. 
  • Sakit punggung tanpa sebab. 
  • Tulang mudah patah.

Apa yang terjadi saat manusia mengalami osteoporosis?

Osteoporosis adalah penyakit tulang yang ditandai dengan menurunnya kepadatan tulang secara keseluruhan. Hal ini terjadi akibat ketidakmampuan tubuh mengatur kandungan mineral dalam tulang dan disertai rusaknya bagian dalam tulang. Tulang pun menjadi keropos dan rentan mengalami patah tulang.

Osteoporosis dapat menyerang apa dan siapa?

Osteoporosis adalah penyakit ketika tulang secara perlahan kehilangan kepadatannya, sehingga menjadi lemah dan rentan akan fraktur (patah tulang). Osteoporosis paling sering menyebabkan fraktur di panggul, tulang belakang, dan pergelangan tangan.

Apa penyebab terjadinya osteoporosis dan bagaimana cara mencegahnya?

Faktor Gaya Hidup

  • Konsumsi daging merah dan minuman bersoda. Penyebab osteoporosis dari gaya hidup yang tidak sehat bisa terjadi karena konsumsi daging merah dan minuman bersoda. 
  • Minum minuman berkafein dan beralkohol. 
  • Malas olahraga dan Kurang Kalsium. 
  • Merokok. 
  • Konsumsi obat-obatan tertentu.

Apakah anak muda bisa terkena osteoporosis?

Meski sering menyerang lansia, osteoporosis ternyata dapat terjadi sejak usia muda. Agar kamu lebih waspada, ketahui penyebab osteoporosis di usia muda berikut ini. Amenorea adalah kondisi ketika seorang wanita tidak mengalami menstruasi dalam waktu lama.

Informasi lebih lanjut mengenai pencegahan osteoporosis dan penanganan osteoporosis dapat menghubungi RS Unimedika atau kunjungi website www.unimedika.com untuk informasi lebih lanjut.

Artikel Lainnya

Cari Dokter & Buat Janji


Kontak Kami