Artikel

Apa Itu Akupunktur Medik?

21 Oct 2021

Kenali Apa Itu Akupunktur Medik 

Akupunktur Medik adalah terapi akupunktur yang dikerjakan oleh Dokter Spesialis Akupunktur. Akupunktur merupakan suatu cara pengobatan dengan perangsangan pada titik-titik tertentu (Titik Akupunktur). Terapi ini dapat dilakukan menggunakan jarum maupun tanpa jarum (menggunakan biji dan magnet untuk telinga).

Akupuntur gunanya untuk apa?

Pada dasarnya, akupunktur dilakukan untuk menyeimbangkan energi. Tubuh memiliki jalur energi yang dikenal dengan sebutan meridian. Ketika terapis menusukkan jarum pada titik-titik tertentu di sepanjang jalur meridian, aliran energi dalam tubuh akan seimbang kembali.

Akupunktur apa bahaya?

Efek samping akupunktur yang paling umum adalah pendarahan dan memar di tempat. Komplikasi yang serius sangat jarang terjadi ketika akupunktur dilakukan oleh praktisi bersertifikat yang berkualitas serta tidak ada infeksi pasca-akupunktur yang dilaporkan dalam salah satu penelitian.

Apakah penusukan titik akupunktur menimbulkan rasa nyeri?

Jarum akupunktur sangat tipis dan halus, terbuat dari stainless steel dengan ujung yang relatif tumpul. Ketika melewati kulit tidak menimbulkan rasa nyeri seperti saat disuntik atau diambil darahnya. 

Berapa lama pengobatan akupuntur?

Terapi akupunktur biasanya berlangsung selama 20–60 menit, tergantung jenis penyakit dan kondisi kesehatan pasien secara keseluruhan. Jumlah jarum yang digunakan berkisar antara 5–20 jarum dalam satu kali sesi terapi.

Akupunktur dapat membantu:

- pemulihan pasca stroke

- menghilangkan berbagai jenis nyeri (sakit kepala, sakit pinggang, sakit lutut dan sakit lainnya)

- mengatasi gangguan pencernaan

- mengendalikan berat badan

- meningkatkan kekebalan tubuh

- mengatasi gangguan tidur

- mengatasi gangguan seksual

- meningkatkan produksi ASI

- memelihara keremajaan kulit

- mengoptimalkan tumbuh kembang anak berkebutuhan khusus

- meningkatkan kualitas hidup pasien penderita kanker dan penyakit kronis

Artikel Lainnya

Cari Dokter & Buat Janji


Kontak Kami